Tutorial cara mendapatkan informasi tentang lokasi geografis – garis lintang dan bujur SMA YPHB BOGOR

Pada postingan ini saya akan memberikan sedikit tutorial bagaimana cara mendapatkan informasi tentang lokasi geografis – garis lintang dan bujur. Disini saya menggunakan SMA saya yaitu SMA YPHB Bogor. Dengan keyword ‘sma yphb bogor google map’ dan berhasil, setidaknya sebagai langkah awal mencari lokasi yang pasti.

Untitled11

setelah saya menelusuri link tersebut, akan keluar tampilan pilih SMA YPHB BOGOR lalu akan muncul keterangan di peta, namun menurut saya titik itu belum merepresentasikan posisi sebenar-benarnya dan posisi itu belum terverifikasi.

Untitled

klik kanan pada poin yang sekiranya bersangkutan/ dekat dengan daerah SMA YPHB BOGOR, maka akan muncul pilihan, dan pilih “ada apa disini” untuk memperjelas informasi pada peta dan mempersempit pencaharian sehingga kita akan semakin dekat dengan poin yang yang ingin kita cari.

Untitled234

lalu bagaimana cara mencari informasi geografis garis lintang dan bujur jika daerahnya saja belum ada kepastian letaknya dan tidak ada pointer yang menunjukkan letak pastinya ? ada cara mancari pointer tersebut, dengan menunjuk daerah/titik yang kita percaya sebagai letak pastinya secara manual. caranya, klik kanan pada daerah tak berpointer -saya menandainya dengan bintik hitam. yang kita yakini -pada tutorial ini, SMA YPHB BOGOR. lalu pilih pilihan “ada apa disini ?” .

Untitled890

maka akan muncul pointer hijau dan point A yang menandakan posisi yang kita inginkan -SMA YPHB BOGOR, berada. di sebelah kiri ada keterangan jalan beserta kode pos dan pada tab atas, menunjukkan informasi geografis garis lintang dan bujur yang kita cari. -6.577239, 106.807559 . dengan keterangan sebagai berikut :

garis lintang : -6.577239
garis bujur : 106.807559

Untitled5678

Sekian tutorial dari saya mengenai bagaimana cara mendapatkan informasi tentang lokasi geografis – garis lintang dan bujur. materi referensi saya dapatkan dari blog teman saya yang beruntungnya teman saya langsung mendapatkan posisi yang dia inginkan, sedangkan saya harus ber-improvisasi untuk menemukan posisi dengan lokasi SMA yang berbeda . semoga tutorial ini dapat membantu.

Leave a Reply

