Penerapan telematika dalam kehidupan sehari hari

Teknologi erat kaitannya dengan telematika. Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk Sistem Navigasi atau penempatan global atau yang biasa kita sebut dengan GPS (Global Positioning System). GPS itu sendiri merupakan sistem untuk menentukan posisi di permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima dipermukaan bumi, sebagai contohnya adalah GPS portable, smart phone, dll. Berikut ini adalah tampilan GPS pada salah satu smart phone.

Gambar. Contoh penggunaan GPS dalam smart phone

GPS sangat menguntungkan karna GPS merupakan salah satu contoh dari kemajuan teknologi. Pada zaman dahulu, manusia menggunakan kompas sebagai alat penunjuk arah.


Gambar. Kompas alat penunjuk arah tempo dulu

Tapi sekarang, GPS dapat menggantikan peran sebuah kompas. Pencitraan GPS pun sangat jelas dan rinci dibandingkan dengan kompas yang hanya menunjukkan tampilah arah mata angin. Tapi dibalik kelebihannya, GPS juga memiliki kelemahan.

Kelemahannya ada pada jaringan. Apabila jaringan penghubungnya buruk, maka GPS pun tidak dapat beroperasi seperti semestinya. Oleh karena itu, apabila menggunakan GPS pada smart phone, jangan lupa untuk menyesuaikan settingan smart phone dengan settingan provider yang digunakan. Semua itu ditujukan agar penggunaan GPS dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s